Google Mulai Mengaplikasikan Mobile First Indexing Untuk Semua Website

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Mobile First Indexing

Google sudah sejak lama mengumukan bahwa sistem indexing mereka akan lebih mengutamakan dari versi mobile atau istilahnya mobile first indexing. Jika sebelumnya Google melakukan indexing website berdasarkan versi desktop dimana kemudian yang versi mobile akan mengikuti namun mobile first indexing adalah kebalikannya mengingat saat ini mayoritas traffic datang dari mobile atau smartphone.

Jika sebelumnya algoritma ini hanya berlaku bagi website yang di publish setelah tanggal 1 juli 2019 atau bisa dibilang website – website baru, namun beberapa waktu lalu Google telah mengumumkan akan membuat algoritma ini berlaku bagi seluruh website.

Pihak Google sendiri telah mengkonfirmasi bahwa saat ini sudah 70% website yang mulai dikenakan mobile first indexing dan targetnya pada September nanti sudah 100% proses pengindeksan website berdasarkan versi mobilenya.

Untuk memastikan apakah website kita termasuk yang sudah mulai di index berdasarkan mobile first indexing anda bisa mengeceknya di Google Search Console, biasanya akan ada notifikasi seperti tampilan dibawah ini.

Google search console

Apa Pengaruhnya Bagi SEO ?

Sekecil apapun perubahan dari algoritma Google pasti akan berpengaruh pada SEO khususnya jika website anda tidak mobile friendly maka jangan harap ranking website anda akan naik di Google. Seperti Google bilang pengindeksan akan dilakukan pada versi mobile maka jika website anda tidak mendukung versi mobile bisa jadi tidak akan terindeks oleh robot Google.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Kecepatan Loading Website

Selain itu Google juga tidak menyarankan menggunakan alamat yang berbeda pada versi desktop dan mobile, contohnya detik.com pada versi mobilenya memiliki URL yang berbeda yaitu m.detik.com. Lebih baik menggunakan responsive mobile ketimbang memisahkan URL versi desktop dan mobile.

Pastikan juga bahwa konten di versi mobile dan desktop sama, meta tag di kedua versi juga sama, ini yang juga penting struktur dan juga harus sama antara mobile dan desktop, jadi buat yang ga jago coding lebih baik pake WordPress saja dan beli theme yang sudah terbukti SEO Friendly atau hire jasa pembuatan website hehehe. 

Related

negatif SEO
SEO

Negative SEO​

Negative SEO Sejak Google melakukan update algoritma Panda kemudian Pinguin dan yang terakhir ini adalah Humingbird, Google benar-benar menyeleksi kualitas link building suatu site sehingga

Read More »

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat