Apasih Google Broad Core Algoritma? Dan Bagaimana Efeknya Ke Situs Kita?

Di tahun 2020 ini tentunya kita ingin tahun ini lebih baik dari tahun 2019 kemarin termasuk kinerja kita dalam melakukan optimasi mesin pencari sehingga halaman website kita tetap bertahan di 5 besar hasil pencarian Google. Oleh karena itu kita harus selalu mengikuti perkembangan algoritma Google yang terbaru.

Setelah sebelumnya Google mengumumkan penggunakan teknologi AI pada Algoritma pencarian mereka yang disebut Google BERT, kali ini Google melakukan update pada salah satu Algoritmanya yaitu Broad Core dengan nama January 2020 Core Update. Seperti dapat dilihat pada press release Google di akun twitter mereka 13 Januari 2020.

Lalu Bagaimana Efek Core Update Ini Pada SEO ?

Setiap update algoritma pasti akan memberikan imbas pada hasil pencarian Google begitu juga dengan cara melakukan optimasi, sehingga perlu dilakukan beberapa penyesuaian pada proses optimasinya. Untuk update kali ini Google mengibaratkan dengan list 10 Film Terbaik, katakanlah halaman anda menempati peringkat 1 Google untuk kata kunci “10 Film Hollywood terbaik” di tahun 2016 nah tentunya konten anda akan menjadi tidak relevan lagi di tahun – tahun berikutnya sehingga perlu dilakukan penyesuaian dengan menurunkan peringkat halaman anda dan mengganti dengan konten yang lebih fresh dan update.

Artinya Google ingin memastikan bahwa hasil pencarian yang ditampilkan memiliki konten yang update dan relevan dengan kondisi saat itu. Jadi bisa dibilang saat ini 2020 bahkan sudah dimulai dari beberapa tahun lalu ini adalah eranya konten kreator sehingga SEO itu pada akhirnya seolah hanya impact yang didapatkan dari konten yang berkualitas. 

Lalu Bagaimana kita Mengantisipasi Core Update 2020

Sudah jelas ya cara antisipasinya adalah dengan melakukan update konten lama kita sehingga menjadi relevan dengan kondisi saat ini, sebagai contoh Niel Patel, salah satu artikel dalam blognya adalah membahas mengenai apa itu SEO, namun setiap tahun selalu diupdate minimal judul dan deskripsi pada meta tag.

hasil pencarian google

Dapat dilihat dari screen shot diatas bahwa neil patel punya postingan tentang langkah-langkah SEO di 2020 ini, namun sesungguhnya kalo kita masuk ke halaman tersebut konten artikel yang disuguhkan adalah artikel lawas, untuk pastinya kapan pertama kali artikel tersebut diterbitkan kurang tau pasti karena tidak menampilkan tanggal pertama kali artikel di publish.

Namun jika melihat dari salah satu screen shot yang di jadikan studi kasus bisa jadi artikel tersebut pertama kali di publish pada Desember 2017.

Bisa jadi juga dari isi konten ada beberapa penyesuaian, namun intinya halaman tersebut tidak kehilangan peringkat untuk kata Kunci “SEO Guide” bahkan juga menjadi relevan dengan kata kunci “SEO Guide for 2020”. 

Kesimpulan

Dari pengumuman update ini kami dari MaxiBrandImage menyimpulkan bahwa sebenarnya tidak banyak hal yang berubah, karena praktek melakukan update konten agar sesuai dengan kondisi saat ini telah berlangsung lama, hanya saja saat ini Algoritma Google telah mendukung ke arah sana sehingga kedepannya diharapkan tidak ditemukan lagi konten out of date pada hasil pencarian Google.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest

Related Post

Open chat