Apasih Google Broad Core Algoritma? Dan Bagaimana Efeknya Ke Situs Kita?

Apasih Google Broad Core Algoritma? Dan Bagaimana Efeknya Ke Situs Kita?

Seperti kita tau Google selalu melakukan update terhadap algoritma pencariannya, tujuannya tentu saja agar mensin pencarian Google bersih dari situs-situs SPAM sehingga orang yang mencari informasi di Google akan menemukan hasil yang relevan dengan yang mereka inginkan.

Tanggal 1 Agustus 2018 kemarin Google resmi mengumumkan bahwa mereka telah meluncurkan update algoritma broad core seperti yang mereka sampaikan melalui akun twitter @searchliaison

This week we released a broad core algorithm update, as we do several times per year. Our guidance about such updates remains the same as in March, as we covered here: https://t.co/uPlEdSLHoX

— Google SearchLiaison (@searchliaison) August 1, 2018

Nah permasalahannya Google tidak secara gamblang menjelaskan apa itu update algoritma Broad Core, tidak seperti update-update sebelumnya yang secara jelas menerangkan tujuan dari adanya update tersebut.

Seperti contoh algoritma Google Pinguin dimana algoritma ini bertujuan untuk membasmi SPAM link, Kemudian Algoritma Rankbrain dimana algoritma ini adalah model program kecerdasan buatan dimana robot Google dapat memahami kalimat-kalimat yang berbeda namun memiliki makna atau arti yang sama, kemudian Google pigeon untuk menanggulangi SPAM Local SEO.

Namun yang kali ini Google tidak menjelaskan apa itu Broad Core Algorithm dan bagaimana efeknya terhadap ranking website kita. Banyak pakar SEO yang beropini mungkin ini memang update inti dari algoritma Google sehingga jelas sekali Google tidak akan menjelaskan karena akan membuka rahasia dapur mereka.

Lalu Bagaimana kita Mengantisipasi Algoritma Broad Core

Google memang tidak secara spesifik menjelaskan mengenai algoritma Broad Core dan bagaimana efeknya terhadap peringkat website kita, namun jelas dari update ini akan ada yang terimbas dengan ranking mereka di Google.

Parahnya Google juga mengatakan bahwa tidak ada cara untuk memperbaiki turunnya peringkat dari suatu halaman website sekalipun halaman tersebut memiliki konten yang berkualitas, karena hilangnya peringkat halaman tersebut bukan masalah kualitas konten jadi tidak ada yang salah dengan halaman tersebut.

Intinya ada 4 Hal Petunjuk yang diberikan oleh Google Mengenai Update Algoritma Broad Core

  1. Update ini bertujuan untuk meningkatkan hasil pencarian.
  2. Jika suatu halaman website kehilangan peringkat di Google, bukan karena ada yang salah dengan halaman tersebut.
  3. Ga ada cara untuk memperbaiki kehilangan peringkat tersebut.
  4. Google tetap menyarankan untuk terus membuat konten yang terbaik, Karena mungkin suatu saat nanti konten anda akan naik peringkatnya melebihi konten yang lain.

Dari petunjuk tersebut, Pakar SEO Maxibrandimage berpendapat bahwa kemungkinan saat ini Google menginginkan situs yang berkualitas, bukan lagi sekedar halaman yang berkualitas. Jadi kalo dulu misal kita bikin situs abal-abal trus ada satu halaman yang kontennya dibuat dengan serius dan di optimasi dengan baik maka halaman tersebut bisa naik peringkatnya di Google.

Namun kali ini sepertinya Google menginginkan bahwa bukan sekedar 1 atau 2 halaman saja yang berisi konten yang berkualitas tapi keseluruhan situs harus berisi konten yang berkualitas sehingga hasil pencarian yang ditampilkan di halaman 1 daftar situs yang berkualitas.

Sehingga ketika mereka masuk ke satu halaman situs mereka akan menemukan halaman-halaman lain di situs tersebut juga menyajikan konten yang sangat bagus, bukan mereka masuk satu halaman situs lalu dilihat halaman yang lain kontennya abal-abal.

Jadi agar aman dari efek algoritma broad core situs harus terupdate secara reguler tentunya dengan konten-konten yang berkualitas. Kemudian struktur website, desain, dan navigasi menjadi lebih penting lagi. Kerena dengan struktur yang baik robot Google jadi lebih mudah menindex seluruh halaman yang ada.

Sementar desain yang profesional akan meningkatkan trust pengunjung pada situs kita dan navigasi yang mudah akan menuntun pengunjung situs untuk menemukan konten-konten menarik lainnya.