Google Panda Update

Google Panda Update

Tahun 2011 ini Google membuat gebrakan dengan meluncurkan algoritma baru yang diberi nama sebagai Google Panda. Lahirnya Algoritma Google Panda ini telah membuat resah sebagian besar pelaku bisnis online terutama yang menerapkan SEO sebagai senjata utama promosi mereka.

Bagaimana Algoritma Google Panda Bekerja?

Google Panda ini adalah algoritma yang lebih menitik beratkan pada kualitas konten, kalau dulu Google selalu menyarankan para blogger untuk membuat konten yang berkualitas kali ini bisa di bilang Google memaksa para blogger untuk membuat konten yang berkualitas.

Maksudnya konten yang berkualitas itu seperti apa ?

Konten berkualitas itu adalah konten yang unik bukan hasil dari copy paste artikel orang lain dan juga memiliki isi yang berbobot atau informatif. Karena Algoritma Google Panda ini bertujuan untuk membersihkan hasil pencarian dari konten-konten sampah atau blog – blog sampah, sehingga diharapkan hasil pencarian yang muncul benar-benar bermanfaat bagi user.

Untuk melakukan pengecekan apakah artikel anda benar-benar unik anda bisa menggunakan tool bernama Copyscape, alat ini ada versi gratis dan berbayar. Untuk versi berbayar anda akan mendapatkan kredit poin dimana anda bisa mengecek artikel anda sebelum di posting di situs anda apakah masuk kategori duplikat atau tidak.

Sedangkang untuk yang versi gratis hanya bisa melakukan pengecekan artikel melalui url, artinya anda harus posting dulu artikel anda di blog kemudian urlnya anda copy dan paste di form yang berada di halaman copyscape

algoritma google panda

Setelah itu tinggal klik tombol Go dan anda akan mendapatkan hasil seperti contoh gambar dibwah ini

Jika anda mendapatkan hasil seperti gambar diatas artinya artikel anda benar-benar unik, namun jika muncul hasil bahwa ada kesamaan dari artikel anda dan website lain maka sebaiknya anda segera memperbaiki artikel anda agar menjadi unik.

Lalu bagaimana caranya untuk dapat menembus halaman 1 di era Google Panda ini?

Jika dulu Google menitik beratkan pada backlink untuk menentukan siapa yang layak mendapat peringkat lebih tinggi, kali ini bisa di bilang Google memberikan porsi yang seimbang antar Backlink dan Konten. 

Jadi untuk mencapai halaman pertama adalah buat artikel yang berkualitas dan lakukan link building secara natural dan pastikan backlink yang kita dapat adalah backlink yang berkualitas.