Cara Mempercepat Loading Blog WordPress

Cara Mempercepat Loading Blog WordPress

Kecepatan loading blog atau website adalah salah satu hal yang sangat penting dalam SEO, semakin cepat loading suatu blog maka akan memudahkan robot Google untuk melakukan crawl terhadap situs anda sehingga akan berpengaruh pada ranking blog anda di Google.

Dari sisi pengguna rata-rata mereka lebih senang mengunjungi situs yang kecepatan loadingnya dibawah 3 detik, lebih cepat lagi lebih baik. Sementara jika suatu situs kecepatan loadingnya lebih dari 3 detik rata-rata mereka langsung meninggalkan situs tersebut dan tidak berniat untuk mengunjunginya lagi.

Bagaimana Cara Mempercepat Loading Blog Anda

Sebelum saya memulai menjelaskan langkah-langkahnya, perlu diketahui bahwa cara yang akan dibahas nanti hanya berlaku jika anda menggunakan platform wordpress sebagai blog atau website anda.

Dan harus menggunakan blog wordpress yang di hosting sendiri bukan blog wordpress yang versi gratisan.

Ok langsung aja ya kita bahas ya, apa saja yang harus dilakukan.

Lokasi dan Kualitas Hosting Menentukan Kecepatan Loading Blog

Lokasi Hosting Menentukan Kecepatan Loading Blog

Pada saat anda berencana membuat blog atau website tentunya anda sudah punya gambaran bahwa pengunjung blog anda nantinya dari negara mana, sehingga lokasi server hosting anda harus disesuaikan dengan target negara dari pengunjung blog anda.

Karena semakin dekat lokasi server dengan lokasi orang yang mengakses website kita maka kecepatan loading blog kita juga semakin cepat. 

Contoh kalau anda menargetkan market Indonesia anda bisa mencari hosting yang lokasi servernya di Indonesia atau di Singapore. Kalau targetnya Amerika maka cari hosting yang lokasi servernya di Amerika.

Selain lokasi server pastikan bahwa hosting yang anda sewa memiliki kualitas yang terbaik, memang agak sulit untuk menentukan kualitas kecuali dengan mencobanya, namun resiko untuk salah piliha hosting bisa diminimalkan dengan meelakukan pengecakan dulu di Google menggunakan katak kunci “Nama Penyedia Hosting Review”

Jadi misalnya nama penyedia hostingnya adalah maxihost anda bisa ketikan di Google “maxihost review” atau “review maxihost” biasa akan muncul artikel-artikel yang ditulis oleh para pengguna layanan hosting tersebut disitu anda bisa membaca bagaimana penilaian mereka tentang performa dari hosting tersebut.

Gunakan WordPress Theme Yang Telah di Optimasi

Theme atau template wordpress ini cukup mempengaruhi kecepatan loading situs, karena dalam melakukan pemrograman sangat mempengaruhi alur bagaimana server harus memproses susunan kode-kode program yang ada di situs kita termasuk theme kita.

Jika orang yang membuat theme ini tidak paham betul alur kerja wordpress malah bisa terjadi crash dengan plugin-plugin yang terpasang di blog.

Berikut ini adalah rekomendasi theme wordpress yang sudah teroptimasi untuk meningkatkan kecepatan loading blog.

  1. LandingPress
  2. OceanWP
  3. WPAstra
LandingPress ini adalah theme karya putra Indonesia dan kami sendiri menggunakan theme dari LandingPress untuk website MaxibrandImage ini, hasilnya sangat memuaskan dan tentunya anda sendiri sudah merasakan bagaimana ringannya mengakses website kami.
 

Berikut ini adalah hasil test dari Google Pagespeed untuk website kami menggunakan LandingPress

Cara meningkatkan kecepatan loading blog

Optimasi Gambar Akan Meningkatkan Kecepatan Loading Blog

Salah satu yang membuat lambat loading blog adalah besarnya file gambar yang digunakan. Pastikan setiap gambar yang akan anda gunakan telah dioptimasi. Khusus untuk optimasi gambar ini saya menggunakan 2 tahap.

Yang pertama adalah menggunakan photoshop, yaitu dengan menyesuaikan ukuran yang dibutuhkan. Karena jika ukurannya terlalu besar akan membuat file gambar juga besar kemudian melakukan penyimpanan yang di optimasi untuk website.

Tinggal tekan kombinasi tombol Ctrl + Alt + Shift + S maka akan muncul pilihan mengenai ektensi gambar lalu kualitas gambar, dan dimensi. Saya sendiri biasanya menggunakan kualitas 30% atau medium jpeg. sedangkan untuk dimensi saya pilih lebar 650 untuk dipasang pada blog post dan featured image.

Langkah kedua adalah saya memasang plugin yang tujuannya untuk mengkompres gambar. Salah satu yang terbaiki saat ini adalah WP Smush namun sayangnya untuk menggunakan plugin ini harus berlangganan $49 / bulan.

Tapi tenang yang gratis dan hasil kompresinya juga mantab ada juga yaitu plugin reSmush.it kalo menurut saya reSmush.it ini kualitasnya malah lebih bagus dari WP Smush dan untuk saat ini masih gratis.

Namun reSmush.it ini membuka dompet donasi untuk membiayai server mereka dan update berkelanjutan, saran saya jika anda akan menggunakan plugin ini sisihkan sedikit dana untuk menyumbang ke developernya toh ujung2nya juga untuk kebaikan bersama juga, dibandingkan jika anda harus membayar $49 / bulan.

Gunakan Plugin Cache

Wp Rocket

Cache ini sangat membantu untuk mempercepat proses loading karena cache ini sifatnya penyimpanan sementar dari data yang sudah pernah diakses. Jika kita akan mengakses salah satu halaman dari blog wordpress maka hosting akan memproses dengan memanggil data-data yang ada di database untuk kemudian ditampilkan.

Namun jika hal itu dilakukan terus menerus akan menyebabkan server load yang tinggi sehingga akses menjadi lambat, maka dengan cahce ini jika konten yang diakses adalah konten yang sama maka akan ditampilkan konten dari penyimpanan sementar tanpa harus mengambil data dari database sehingga prosesnya menjadi cepat.

Untuk plugin Cache ini banyak sekali yang gratisan tersedia di repository wordpress, seperti WP Fast Cache, W3 Total Cache, WP Litespeed, dan masih banyak lagi.

Namun saya lebih merekomendasikan untuk menggunakan plugin cache WP Rocket, meskipun ini berbayar namun harganya sesuai dengan kualitas yang diberikan. Dalam melakukan setting sangat simple namun memberikan impact yang luar biasa dalam mempercepat loading blog. 

Gunakan CDN (Content Delivery Network)

Content delivery network

Jika tadi di awal sempat dibahas mengenai lokasi server dimana dapat mempengaruhi looading speed tergantung dari jarak lokasi server ke pengguna situs. Nah permasalahannya bagaimana kalau kita menargetkan audiens dari seluruh dunia?

Solusinya adalah menggunakan CDN ( Content Delivery Network), CDN ini adalah jaringan server yang ada di beberbagai negara di dunia, keuntungan menggunakan CDN ini jika blog kita di hosting di server yang berlokasi di Indonesia, dan ketika ada orang dari Amerika yang mengakses blog kita maka halaman kita akan dimunculkan melalui server yang terdekat dengan lokasi pengguna.

Sehingga loading speed blog kita tetap cepat, lain halnya jika halaman ditampilkan dari server di Indonesia maka bisa jadi loading speednya akan menurun secara drastis, dan imbasnya mereka akan meninggalkan situs anda sebelum terbuka.

Banyak penyedia layanan CDN, anda dapat menemukan dengan mudah di Google, namun kalo cari yang gratisan bisa menggunakan cloudflare.