Apa Yang Dimaksud Domain Authority dan Bagaimana Cara Cek Domain Authority

Apa Yang Dimaksud Domain Authority dan Bagaimana Cara Cek Domain Authority

Salah satu faktor penentu dalam kesuksesan SEO adalah backlink, namun bukan sembarangan backlink melainkan backlink yang berkualitas yaitu backlink yang datang dari Authority Blog / Authority Website artinya blog dan website yang memiliki reputasi yang baik dimata Google seperti Wikipedia, Detik, Facebook, dan masih banyak lagi. 

Pertanyaann bagaimana caranya mendapatkan backlink dari blog / website yang telah memiliki reputasi ?

Untuk mendapatkan backlink dari website / blog yang sudah terkenal & memiliki reputasi yang bagus sangatlah sulit. Namun kita jangan hanya terpaku untuk mendapatkan backlink dari website-website besar yang penting backlink dari domain yang memiliki reputasi yang baik. Solusinya adalah kita membangun sendiri web / blog authority tersebut.

Anda pasti berpikir kan lama kalo bikin web / blog seperti itu ?

Jawabannya bisa iya bisa juga tidak, Lama kalau anda membangun dari awal menggunakan fresh domain atau domain yang masih baru, bisa cepat jika anda menggunakan Authority Domain. Nah sampe sini anda mungkin bertanya – tanya apa itu Authority Domain ?

Apa Yang diamksud dengan Authority Domain ?

Pada prinsipnya Authority Domain adalah domain yang sudah memiliki reputasi yang baika dimata Google, lalu bagaimana kita dapat tau bahwa suatu domain itu termasuk authority atau tidak.

Untuk mendapatkan domain yang sudah memiliki reputasi di mata search engine tentunya dengan cara membeli domain bekas, bisa domain yang statusnya belum kadaluarsa namun dijual oleh pemiliknya, bisa juga domain yang statusnya sudah kadaluarsa.

Saya pribadi lebih sering membeli domain yang sudah kadaluarsa atau bahkan dropped. (Dropped ini domain bekas yang sudah dilepas kepasaran sehingga bisa dibeli dengan harga normal), Nah mengetahui daftar domain yang sudah expired, sedang dilelang, atau bahkan yang statusnya sudah dropped bisa mengunjungi situ expireddomains.net.

Untuk mendapatkan daftar yang lengkap sebaiknya melakukan pendaftaran dahulu dan setelah itu login. Di bagian kiri atas terlihat ada tulisan “Deleted Domain” Dan “Marketplace Domain”.

Deleted domain adalah daftar domain yang sudah dropped atau akan dropped, sedangkan untuk Marketplace adalah daftar domain yang sedang dilelang beserta lokasi lelangnya di web apa saja.

Disana terdapat data-data mengenai domain yang terdaftar di expireddomains.net, namun saya pribadi tidak pernah mengindahkan data-data tersebut karena kurang akurat. Sehingga kita harus memverifikasi lagi kualitas domain yang terlisting disana.

Berikut ini adalah langkah-langkah dalam memverifikasi apakah domain tersebut memiliki reputasi yang baik atau tidak.

Cara Cek Domain Authority

Langkah pertama adalah melaukan pengecekan dan memastikan bahwa domain tersebut memiliki Domain authority dan Page Authority dengan nilai minimal 20 poin. Untuk dapat melakukan pengecekan DA & PA suatu domain dapat menggunakan alat da pa checker atau untuk hasil pengecekan yang lebih akurat saya biasa menggunakan link explorer dari Moz.com

moz link explorer

Pada gambar terlihat hasil dari pengecekan DA & PA sebuah domain, memiliki domain authority 22 dan Page Authority 23. Nilai tersebut sudah cukup baik untuk menjadi syarat awal sebagai domain PBN.

Pastikan Spam Score Maksimal 10%

Hal berikutnya yang perlu diperhatikan adalah Spam Score, nilai ini menunjukan kualitas domain tersebut dimata search engine. Jadi selain DA dan PA Spam score ini juga menentukan kualitas suatu domain.

Semakin kecil nilainya semakin bagus kualitas domain tersebut. Saya pribadi menetapkan batas toleransi adalah 10%. Lewat dari itu tidak saya ambil.

Suatu domain memiliki nilai SPAM tinggi dikarenakan domain tersebut banyak mendapatkan backlink dari halaman yang memiliki nilai SPAM yang tinggi juga.

Pada gambar tersebut dapat dilihat bahwa domain yang dilakukan pengecekan SPAM Score memiliki nilai nol / nihil, Artinya hal ini pertanda yang baik. Untuk melakukan pengecekan SPAM Score ini dapat dilakukan menggunakan tool yang sama, cukup memilih menu Spam score pada bagian kiri dan akan muncul spam score dari domain tersebut.

Pastikan Domain Masih Memiliki Index di Google

Berhubung kita akan membeli sebuah domain bekas tentunya kita harus juga memastikan bahwa domain tersebut masih memiliki index di Google. Karena dengan masih adanya index di Google menandakan bahwa domain tersebut tidak terkena penalti oleh Google.

Cara untuk mengetahui index suatu domain adalah dengan mengetikkan “site:namadomain.com” tanpa tanda petik pada form pencarian Google.

Gambar diatas adalah contoh pengencekan index suatu domain, dan dapat dilihat bahwa hasilnya domain tersebut mimiliki 1 halaman yang terindex di Google.

Artinya domain ini aman dari sisi index jika dijadikan sebagai blog untuk menjadi sumber backlink.

Pastikan Domain Memiliki History Yang Bersih

Dikarenakan domain ini adalah domain bekas maka kita harus memastikan bahwa domain ini memiliki history yang bersih dimasa lalu. 

Artinya domain ini tidak pernah dijadikan sebagai web pornografi, judi, tentang obat terlarang, web bajakan, dan tentang senjata.

Website dengan tema – tema tersebut memiliki kriteria tersendiri di mata Google dan jika digunakan untuk backlink pada tema-tema yang umum akan membawa dampak yang negatif pada peringkat domain yang mendapatkan backlink.

Untuk melakukan pengecekan kita dapat menggunakan alat yang namanya wayback machine. Alat ini memiliki arsip rekaman dari tampilan setiap website yang ada di dunia maya.

Pertama kita buka Tools Wayback Machine

Untuk mengakses wayback machine silahkan klik disini kemudian masukan nama domain kedalam form yang disediakan seperti gambar dibawah ini.

Kedua Akan Muncul Tanggal History dari Domain Tersebut

Setelah kita memasukan URL pada form dan menekan tombol “Browse History” maka akan muncul deretan tanggal, bulan dan tahun, dimana ada tanggal-tanggal tertentu yang di bold dengan lingkaran berwarna biru atau hijau.

wayback machine

Seperti terlihat pada gambar, pada bagian tahun ada garis-garis berwarna hitam, artinya semakin banyak garis hitam tahun tersebut maka pada tahun itu domain tersebut masih aktif sebagai website dan masih sering diupdate kontennya.

Untuk melihat tampilan website dimasa lalu silahkan klik kolom tahun diteruskan dengan memilih tanggal yang dilingkari warna hijau atau biru.

berikut ini adalah tampilan website dari domain achildbirth.com pada tanggal 30 Juni 2012

Dari tampilan tersebut bisa disimpulkan bawha domain tersebut digunakan sebagai website yang baik bukan website yang aneh-aneh. Sehingga dapat disimpulkan domain tersebut memiliki history yang bersih.

Setelah yakin bahwa domain tersebut bersih anda bisa membeli melalui namesilo, dynadot, name.com, namecheap, dan Godaddy dengan harga normal. (Harga domain tiap provider berbeda-beda).

Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda. Selamat berburu Authority Domain 🙂

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.