5 Plugin WordPress Yang Wajib Terpasang di Website Anda

Dewasa ini penggunaan WordPress sebagai platform website sudah umum digunakan, sebuah platform open source yang secara konsisten dikembangkan secara berkala. Penggunaannya pun sudah semakin meluas tidak hanya sekedar membuat blog namun juga dapat digunakan sebagai website toko online, website company profile, bahkan dapat digunakan sebagai platform dasar untuk membangun sebuah learning management system.

Hal tersebut dapat terjadi karena platform WordPress ini sangat flexible sehingga kita dapat menambahkan beberapa plugin pendukung untuk menunjang website sesuai dengan kebutuhan kita. WordPress sendiri sudah menyediakan halaman repository yang berisi ribuan atau bahkan puluhan ribu plugin yang dapat digunakan secara Cuma-Cuma.

Namun begitu ada beberapa plugin yang menurut saya wajib terpasang pada situs wordpress anda.

  1. Yoast SEO
    yoast SEO
    Secara default platform wordpress adalah platform yang SEO friendly meski begitu WordPress tidak menyediakan fitur untuk melakukan setup meta tag, sehingga diperlukan modifikasi untuk dapat mengatur meta tag di setiap halaman.


    Untungnya ada kontributor yang telah membuatkan plugin Yoast SEO dimana dengan plugin ini kita dapat dengan mudah mengatur meta tag dan terdapat indikator apakah halaman kita sudah optimize secara onpage atau belum.

    Plugin ini masuk kategori Freemium artinya ada yang versi gratis dan versi premium (berbayar). Meski begitu untuk versi gratisnya saja sudah cukup powerfull, namun jika ingin mendapatkan fitur yang lebih lengkap anda dapat melakukan upgrade ke versi premium.

     

  2. reSmush.it
    Salah satu faktor yang menyebabkan website menjadi lambat adalah file image yang ukurannya cukup besar. Untuk mengatasinya biasanya kita bisa melakukan optimasi image menggunakan Adobe Photoshop dan pastinya cara ini akan memakan waktu lebih laman.

    Cara yang lain adalah kita bisa memasang plugin image compression pada situs WordPress kita, salah satu plugin Image Compressor yang gratis dan bekerja cukup baik adalah reSmush.it

    Plugin ini gratis, meski begitu anda dapat melakukan donasi kepada pengembangnya dimana dana yang terkumpul akan digunakan untuk membiayai server mereka. Karena cara kerja plugin ini berdasarkan API yang di host di server mereka.

     

  3. WP Fastest Cache
    wp fastest cache
    Plugin cache adalah plugin yang wajib terpasang di situs wordpress anda, karena plugin ini akan membuat situs anda menjadi lebih ringan dan cepat saat di akses. Salah satu yang membuat situs anda terasa berat adalah karena setiap kali ada yang mengakses maka sistem akan mengambil data dari database, jika anda menggunakan hosting share maka akan terasa berat karena resource yang dibagi-bagi dengan pengguna lain.


    Oleh karena itu cache ini akan menyimpan halaman yang telah diakses dalam bentuk halaman statis, ketika ada orang lain mengakses halaman yang sama maka yang akan di tampilkan adalah halaman yang versi statis sehingga tidak perlu lagi memanggil data dari database. Itulah kenapa dengan menggunakan plugin cache situs anda menjadi lebih ringan saat di akses.

    Kami sendiri menggunakan plugin WP Fastest Cache karena plugin ini adalah Freemium dan yang kedua mudah dalam pengaturannya, Namun jika anda memiliki dana lebih kami lebih menyarankan menggunakan plugin WP Rocket.

     

  4. WPS Hide Login

    Plugin ini sangat penting sekali mengingat WordPress adalah platform open source sehingga siapapun dapat mempelajari kode program dan alur kerja sistem wordpress sehingga situs ini rawan sekali dijahili oleh orang iseng atau bahkan sengaja.


    Salah satu cara untuk mengamankan adalah dengan memasang plugin WPS Hide Login. Fungsi plugin ini adalah untuk menyembunyikan halaman login admin dari situs anda, karena seringkali halaman login adalah halaman yang pertama kali dicoba untuk di bobol.

    Dengan memasang plugin ini paling tidak menjadi lebih aman karena hanya anda yang tau akses menuju halaman login dashboard.

     

  5. Sucuri Security

    Plugin ini juga tidak kalah penting, karena meskipun anda sudah menyembunyikan halaman login dashboard masih ada jalan lain bagi hacker untuk membobol situs anda. Plugin sucuri ini akan mendeteksi jika ada file yang tidak wajar pada kumpulan file wordpress anda.


    Sehingga anda akan dapat dengan mudah mengetahui file apa saja yang sudah di modifikasi atau mungkin ada tambahan file baru yang seharusnya tidak ada dan langkah selanjutnya anda dapat memperbaiki file yang dirubah atau menghapus file asing yang ada di hosting anda.

Itulah 5 plugin wajib yang harus terpasang di website anda, selebihnya masih banyak plugin yang bisa anda manfaatkan sesuai kebutuhan. Namun saran saya jangan menggunakan plugin terlalu banyak karena selain dapat memperlambat kinerja website anda juga seringkali ada beberapa plugin yang saling bertabrakan sehingga dapat membuat website anda error.