Sejak Google melakukan update algoritma Panda kemudian Pinguin dan yang terakhir ini adalah Humingbird, Google benar-benar menyeleksi kualitas link building suatu site sehingga jika ada yang dianggap over optimize maka bukan malah mendapatkan ranking yang baik melainkan hilang dari mesin pencarian, atau dengan kata lain terkena penalti.

Keadaan ini kadangkala dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk menyingkirkan kompetitor mereka di mesin pencari dengan melakukan Negative SEO terhadap website kompetitor mereka. Sulitnya adalah bagaimana kita melakukan monitoring terhadap website kita untuk mengetahui apakah mendapat serangan Negative SEO atau tidak.

Berikut ini adalah beberapa hal yang dianggap Negative SEO :

Backlink Profile

Backlink profile ini dianggap backlink yang berkualitas rendah sehingga jika dilakukan dalam jumlah banyak dan dalam waktu yang singkat maka akan memberikan efek buruk terhadap posisi web kita di mesin pencari.

Banyak sekali tools diluaran sana yang dapat melakukan backlink profile secara masal, awalnya tools ini digunakan untuk melakukan optimasi, namun sejak adanya negative SEO tools ini bisa disalah gunakan untuk menghancurkan SERP dari website kompetitor.

Backlink Comment

Backlink Comment sebetulnya merupakan salah satu teknik backlink yang mudah dan cukup ampuh, namun karena saat ini membangun backlink memlalui komentar lebih mudah lagi dengan adanya bantuan software maka akhirnya Google menandai jika ada suatu site yang mendapatkan backlink dari komentar dalam jumlah banyak dan dalam waktu yang singkat maka akan dianggap sebagai tindakan SPAM dan diberikan penalti.

Duplicate Content

Salah satu teknik powerful dalam membangun backlink adalah Artikel Marketing, dimana kita menulis artikel untuk dipublish di website lain seperti artikel direktori atau Guest Post pada Blog orang lain dimana di artikel tersebut memberikan referensi link menuju website kita.

Teknik ini juga bisa mendatangkan malapetaka apabila dilakukan dengan sembarangan. Seringkali orang ingin mendapatkan backlink dalam jumlah banyak dengan menggunakan teknik artikel marketing namun mereka malas menulis artikel dalam jumlah banyak pula sehingga mereka hanya menulis satu artikel dan di publish di banyak website / blog.  Artikel tersebut akan dianggap sebagai konten berkualitas rendah dan akan memicu peringatan pada Google bahwa telah terjadi tindakan SPAM dan mengakibatkan penalti dari Google.

Namun Negative SEO tidak berlaku bagi Authority Site dimana Google sudah memberi kepercayaan tingkat tinggi terhadap website tersebut. Salah satu ciri Authority Site adalah sudah berumur lama, banyak pengunjungnya, High PR, dan ini yang terpenting mendapatkan Social signal yang banyak dengan kata lain kontennya banyak di share di social media.