Dalam dunia usaha marketing merupakan ujung tombak sebuah perusahaan, dan tidak sedikit perusahaan yang rela menggelontorkan dana besar untuk sebuah/serangkaian kegiatan marketing. Namun di Era digital sekarang ini muncul sebuah strategi marketing dengan sebutan inbound marketing, strategi ini mulai diperkenalkan pertama kali pada tahun 2005 oleh sebuah perusahaan marketing Hubspot.

Inbound Marketing

Pada dasarnya Inbound Marketing adalah strategi pemasaran dengan target market yang benar-benar tertarget sehingga sebuah kegiatan pemasaran menjadi efektif. Berikut ini adalah ilustrasi mengenai Inbound marketing VS Outbound Marketing

Dalam video tersebut terlihat bagaimana outbound marketing bersusah payah mencari seorang pelanggan dan bagaimana si inbound marketing dengan mudahnya tiba-tiba didatangi oleh calon pelanggan.

Salah satu teknik marketing yang tergolong inbound marketing adalah search engine marketing baik itu dilakukan dengan cara SEO untuk mendapatkan posisi top 10 di search engine dengan kata kunci tertentu atau dengan memasang iklan PPC untuk target kata kunci tertentu.

Contoh Kasus Inbound Marketing dan Outbound Marketing

Sebagai contoh misal kita memasang iklan pada Google untuk kata kunci Jual mobil Kancil maka setiap kali orang mengetikan kata kunci jual mobil kancil iklan kita akan muncul, artinya iklan kita hanya dilihat oleh orang yang memang mencari mobil kancil.

Bandingkan jika kita memasang iklan di koran, target market kita memang lebih luas tetapi belum tentu orang yang membaca iklan kita memang mencari mobil yang kita tawarkan.

Saya punya pengalaman membantu saudara menjualkan mobilnya setelah dia memasang iklan di korang beberapa kali tapi belum juga laku, setelah memasang iklan di salah satu website periklanan terbesar di Indonesia hanya dalam hitungan jam mobil tersebut sudah laku.

Kenapa bisa begitu? karena website tersebut secara SEO sudah teroptimasi dengan baik sehingga ketika saya memasang iklan disana otomatis halaman iklan saya dari web tersebut muncul di halaman pertama ketika orang mengetikan kata kunci yang saya targetkan.

Selain itu website tersebut sudah terkenal jika ingin mencari barang apapun bisa cari di website periklanan tersebut, sehingga bisa dibilang disana setiap hari ada ribuan orang mencari mobil berbagai macam merk.

Sekarang kita bandingkan saudara saya memasang iklan di koran sebanyak 4 kali dengan biaya Rp150.000 x 4 = Rp600.000 namun hasilnya hanya orang telp tanya2 alias tidak laku.

Sedangkan saya dengan hanya bermodal koneksi internet memasang iklan di website periklanan dengan biaya Rp0,- hasilnya dalam hitungan jam mobil tersebut laku. Jadi jelas inbound marketing lebih efektif dan effisien.

Jika anda belum menerapkan strategi inbound marketing untuk bisnis anda maka ini saat yang tepat melakukannya.