Salah satu sumber backlink berkualitas adalah backlink yang datang dari Authority Blog / Authority Website artinya blog dan website yang terpercaya seperti Wikipedia, Detik, Facebook, dan masih banyak lagi, pertanyaann bagaimana mungkin kita mendapatkan backlink dari blog / website tersebut ?

Ya bukan tidak mungkin tapi akan sulit untuk mendapatkan backlink dari web / blog yang terkenal dan terpercaya. Solusinya adalah kita membangun sendiri web / blog authority tersebut.

Anda pasti berpikir kan lama kalo bikin web / blog seperti itu ?

Jawabannya bisa iya bisa juga tidak, Lama kalau anda membangun dari awal menggunakan fresh domain atau domain yang masih baru, bisa cepat jika anda menggunakan Authority Domain. Nah sampe sini anda mungkin bertanya – tanya apa itu Authority Domain ?

Authority Domain

Prinsipnya sama Authority Domain ini adalah domain yang sudah memiliki nama dan terpercaya, lalu bagaimana kita dapat tau bahwa suatu domain itu termasuk authority atau tidak.

Caranya mudah anda bisa buka site explorer dari Moz.com, perhitungan skor domain authority ini sebenarnya di keluarkan oleh Moz dan saat ini digunakan sebagai standart ukur untuk melihat tingkat otoritas suatu domain, skalanya dari 0 – 100 dan semakin besar nilai yang didapa maka semakin bagus kualitas domain tersebut.

Cara Mendapatkan Authority Domain

Cara yang paling cepat untuk mendapatkan Authority domain adalah dengan membelinya dimana ? di tempat pelelangan domain seperti Godaddy Auction, Sedo, Flippa dan masih banyak lagi.

Buat saya ada beberapa kriteria dalam menentukan domain authority

Page Rank

Saya biasanya selalu mencari domain yang memiliki Page Rank minimal 3, walaupun banyak orang diluar sana bilang page rank sudah tidak terlalu pengaruh lagi terhadap kualitas backlink, tapi bagi saya page rank adalah suatu pengakuan dari Google terhadap kualitas domain tersebut (biasanya di iringi dengan kualitas kontennya) semakin tinggi page rank suatu domain maka semakin berkualitas. untuk melakuka pengecekan page rank bisa melalui website cekpr.com

Domain Auhtority dan Page Authority

Kemudian yang menetukan adalah nilai skor dari domain authority dan page authority atau istilahnya DA / PA. Untuk mengecek skor ini anda bisa menggunakna tools site Explorer dari Moz.com saya pribadi bisanya memilih nilai skor minimal 15.

Citation Flow dan Trust Flow

Citation flow dan Trust flow ini adalah algoritma perhitungan yang dilakukan oleh Majestic SEO, dimana skalanya juga dari 0 – 100 dan semakin tinggi nilai skor yang di dapat maka semakin bagus.

Nah kalo udah tau kriterianya sekarang waktunya action, anda bisa mulai mencari domain yang berkualitas melalui website expireddomains.net disana anda akan disuguhkan data domain-domain yang sudah expired atau domain yang masih aktif namun semua sedang dalam kondisi di jual / di lelang dan bisa anda ambil alih.

Disana anda disuguhkan data yang lengkap dari PR, DA / PA, Jumlah Backlink dll tapi tetap saja anda perlu melakukan verifikasi ulang dengan mengecek lagi di website-website yang sudah saya sebutkan tadi.

Selamat mencoba 😀